[Ficlet] Question and Answer

image

“Boleh kutanya sesuatu?”

Question and Answer

Yan An  x  Xiao Yu

Ficlet // Friendship, Romance, AU! // G

H e a v a d i ss i a © 2016


 

 

Sebenarnya aku mulai bosan; menghabiskan waktu cuma merombaki tulisan yang penuh coretan tinta merah Sang Dosen; menyusun ratusan lembar tulisan yang pada akhirnya bakal bermuara ke tempat sampah, tersulut api dan lenyap jadi abu.

 

Detikan jarum lekas meninggalkan angka delapan dan jemariku masih mengetuk di lantai keyboard, berdiskusi dengan otak kiri demi membereskan tugas skripsi revisi teranyar yang meminta segera selesai kugarap. Sembari menyesap kopi hitam yang telah kuseduh sejak tadi sore. Kepulan hangatnya yang semula menari-nari di atas cangkir mulai lenyap bersama udara. Sementara tembang-tembang lawas westlife mengalun lamat dari speaker kembar kesayangan, malam itu kudapat kunjungan kecil berupa pesan peninggalannya di kotak suara.

 

Segera saja kurositasku membengkak. Pasalnya ini kali pertama si gadis introvert nan cerewet kelas psikologi yang masih kugilai diam-diam mau mengontakku terlebih dulu.

 

Pesannya cuma satu.

 

Yan An, sibuk tidak? Mau temani aku membunuh waktu?

 

Segera kulupakan soal skripsi dan ocehan dosbing yang menggema di kepala seperti tape recorder rusak. Seolah dapat lampu hijau, ajakan menggiurkan ini lekas saja ku-iya-kan. Tanpa peduli besok aku harus berangkat pagi-pagi sekali demi menemui si dosbing yang membawa seluruh nasibku serta masa depanku bersamanya. Walaupun yang terakhir itu kelewat hiperbolis namanya.

 

Pada akhirnya aku terdampar di salah satu kelab antah berantah, menemaninya melenyapkan bola-bola berangka dari atas meja.

 

Aku tak pernah tahu jikalau perempuan berdarah china ini memiliki ketertarikan pada billyar. Sebagaimana badannya membungkuk dalam derajat sempurna, kedua kaki yang berdiri seimbang, pandangan fokus ke arah sasaran. Tak jarang ia menggunakam kapur untuk melumasi ujung stiknya. Bukankah di luar dugaan sekali, menemukannya bermain sendirian dan menghabiskan dua kaleng bir tanpa kuketahui.

 

Yang ku tahu, ia pasti punya masalah dengan hubungan-hubungan yang dibinanya selama ini.

 

“Boleh kutanya sesuatu?” Adalah suaranya yang pertama kali memecah hening dan mengatur jeda permainan. Xiao Yu lantas berdiri tegak dan menatapku. Tak segera mendapat jawaban, gadis itu lekas menuturkan kurositasnya. “Kenapa kau tetap datang? Kaubilang tadi tengah mengerjakan sesuatu.”

 

Oh, sekarang kami tengah terlibat QnA ya?

 

Tetapi mengapa ia masih menanyakannya? Kupikir ia telah mengerti. Kami berteman sejak kecil bahkan sejak ia masih bayi berbadan gembul yang hanya tau cara merebut sesuatu dari orang lain—ya, aku masih mengingatnya tepat sekali seperti itu adanya. Semenjak ia sedang hobi mengikuti segala sesuatu yang aku dan Jun lakukan, sampai usia kami menyentuh angka yang terbilang usia dewasa. Kupikir ia mengerti hingga tak lagi perlu frasa menerjemahkan situasinya.

 

“Terkadang kerjaanku sama sekali tidak penting.” Begitu ujarku lantas mengambil waktu untuk memasang bridge dan menempatkan stikku pada angle yang tepat lalu membidik sasaranku tepat ke dalam lubang.

 

“Hanya karena itu?” Kudengar ia bertanya lagi.

 

Kubilang saja, “Sebenarnya bukan hal itu yang mendasari segalanya.” Seraya kedua netra tak lepas darinya yang tengah melayangkan satu hentakan pukulan ke wajah bola putih untuk menyerang incarannya. Masuk. Sangat mudah.

 

Manik cokelatnya menatapku penuh keingintahuan. “Why do you care so much about me when other people don’t?”

 

Persepsiku selama ini nyatanya salah; kubiarkan waktu bergulir layaknya air yang mengalir namun tak segera kudengar ia berkata-kata menyampaikan keadaannya pada Xiao Yu. Gadis itu tak kunjung mengerti dan aku masih bungkam di lain sisi.

 

Tetapi satu hela napas yang lain menyusul. Kutegakkan badan demi menghadapinya. “Kalau begitu seharusnya kau mulai mempertanyakannya terutama pada dirimu sendiri; perihal mengapa aku masih di sini, sudi menemanimu, dan mau bertahan denganmu. Sebab segalanya sangat sederhana sekaligus tak sesederhana yang kaukira.”

 

Dahinya berkerut. “Biar kupikir.” Ujarnya seraya mengulur waktu guna mengutarakan jawab.

 

Aku menunggu.

 

Ia yang menyipitkan mata, merapikan poni yang turun ke dahi, berkacak pinggang balas mengamatiku. Menunggunya melontarkan maksud dalam sejumput frasa yang mewakili ketidaktahuannya. Melepas ragu yang membelenggu pikirnya. Tetapi seiring detikan jam yang terdengar samar mengisi keheningan kami, kini aku mengerti bahwa kami bersama-sama tengah menunggui waktu yang enggan berjalan cepat.

 

Tetapi Xiao Yu cuma memberi satu gelengan tipis yang tak pasti. Senyum yang terurai di bibirnya pun sama lemahnya dengan keyakinanku akan jawabannya. “Karena kita teman.”

 

Kuhela satu napas lagi. “Tahu tidak, tak ada pertemanan yang benar-benar murni di antara seorang wanita dan pria. Seharusnya kau sudah belajar itu di kelasmu.”

 

“Jadi?”

 

Aku membuang muka, mengamati bola-bola yang masih tersisa di atas meja hijau seraya memberi diriku sendiri waktu lima detik untuk berpikir. Segera kala hitunganku nyaris menyentuh akhir kubuang seluruh ragu lantas mengucap sebaris kata-kata sebagai jawaban. “Jadi, kalau aku menghabiskan bolanya kali ini, kita pacaran. Oke?”

 

Tanpa memberinya banyak waktu untuk memikirkan omonganku, kulayangkan pukulan keras terarah pada bola putihku yang lalu melesat menembak tiga bola terakhir, mengirimnya masuk ke dalam lubang-lubang.

 

Kedua netra Xiao Yu bergerak cepat ke arahku setelah mengetahui hasilnya. “Hey, Yan—”

 

Kuangkat jari telunjukku di depan bibir. “—Sssshh. Nah, sekarang berikan aku jawabanmu.” Potongku cepat. “Wen Xiao Yu, mau jadi pacarku atau tidak?”

 

Kini kuserahkan seluruh kendali atas jawaban pada dirinya, biar lubuk hatinya yang bergerak memberi jawab.

 

Fin.

 

 

Maafkan daku but mz Yenan udah taken yaa by kak Xiao Yu.
Poster hanyalah pemanis (sebenarnya mz yenan udah kelewat manis tapi tanganku gatel sekali pen nambah efek hapus sana-sini jugak) Sebenernya sedang mencoba produktif saja :’v
last, notice me senpai ><

 
Bonus photo mba Wen Xiao Yu yang cans
image

Advertisements

Author: Heavadissia

Heavadissia, 98Liner Taxer 2017

27 thoughts on “[Ficlet] Question and Answer”

  1. 6A6 YENANA YENANA
    PERTAMA, yenan kurang ajar banget masa nembaknya gitu doang ih ga asik sumpah dia harusnya belajar pada—bentar di blog ini belom ada yang nembak ya, baru yenan doang yah, dia ga bisa berguru pada sempai ;;
    KEDUA, xiaoyu juga, pake acara mancing mancing sok interviu. kesel.
    KETIGA, ceritanya gemesiiiin.

    anyway, perlu direcheck lagi, na.
    ada banyak typo. yang harusnya italic, ngga kena italic,
    trus yang di(spasi) juga masih banyak yg kelewatan ehehehe.
    dan… kebanyakan enter wqwqwqwq

    overall, fiksinya gemasssss!
    AYO KETEMUAN YUK YUAN SAMA BENJI EHE EHE EHE

    Liked by 1 person

    1. Yenan tuh lelah kak nggak di notice sama Xiao Yu ;;—;; habisnya mo belajar sama siapa senpainya aja ada yg ditolak. Yenan harus bergerak sendiri dong /eaa
      Si Xiao Yu juga lelah dengan penat kaksha salah si Yenan membelokkan diskusi dong (sebenarnya pada siapa aku berpihak sih). Tapi kan xiaoyu ngegemesin ><
      Aw aw thank you~~ aye aye senpai makasih koreksinya. Btw yg diitalic hanya englishnya doang atau ada bhs ibu yg kulewatin ngga ke-italic nih?
      YUK KAK KAPAN KAK KAPAN Heheww jadi begini terlalu exited boleh sih (sumpah pengen banget) tapi ff event kemaren belum rampung kubisa apaa :""((( /cries/

      Like

      1. trus itu yang ngerjain skripsi, aku apa yenan ya? kok yang pusing bgt aku???? wqwqwqwq.
        jadi sebenarnya ini yang harus diomelin yenan apa xiaoyu??????
        APA NANA??
        APA JINHO???
        APA HYOJONG???
        APA HYUNGGU????
        (woi salah fic woy salah fic)

        maama sayang.
        iya, itu bahasa inggris, diitalic. trus billyar harusnya bilyar aja, L nya satu. ehe.

        KAPAN YA KAN AKU NUNGGU KAMU SENGGANG NAAAAA ;3 langsung japri aja deh ya, nanti kita pertemukan yenana dengan benji cie cie cie ;;
        yauda fic event dikelarin dulu deh, punyaku juga masih setengah jalan hikseu ;-;

        Liked by 1 person

      2. Mz Yenan ngerjain skripsi fantasi kak makanya mudah :”v
        Omelin aja semuanya omelin. Asal jangan yg nulis please /diamuk massa/
        Oh yg billyar itu aku googling banyak yg pake itu. Awalnya gatau apa-apa soalnya trus ada rekomen dari google langsung aja aku klik :”v Berarti kalo bilyar masuknya jadi bhs indo ya kak?
        Hewww aku merasa bersalah banget. Apalagi aku pake sok sokan mau masuk NCTFFI dapet prompt masyaAllah bingung ngeksekusi T.T yaudah kelarin aja dulu ye kaksha uh mangatss buat kita semua :’)))

        Like

      3. pantes aja dia ngerjainnya nda segila aku ya huhu enak bgt kamu yen..
        yelah mending ngomelin yang nulis dums dari pada ngomelin yenan nanti aku di-anyongcingudul-kan wqwqwqwq.
        bilyard kalo di bahasa inggris, kalo bahasa indonsia setauku bilyar ehehehe.
        IH SAMA AKU JUGA SOK-SOKAN MAU MASUK NCTFFI KEK KEBANYAKAN WAKTU AJA PADAHAL SKRIPSI JUGA MASIH BELOM KELAR (lalu menangis di pelukan smol oppa huhu)

        Liked by 1 person

      4. Skripsi kalian beda tuh wkwkwk
        /siap-siap kabur ke pelukan wooseok/ /eh??/ No No No No (niruin yenan)
        Wah parah si google. Ya wis tk cek dulu deh. Maaci Sha-senpaiii
        NAH KAN KAK SAMA KALO GINI SIAPA YANG SALAH SIAPA YANG MO DISALAHIN TJOBA /nangis di ketek wooseok/ Hah tiba-tiba aja keinget deadline event dan belajar yang ngantri kaya penumpang bus trans :””3

        Like

  2. EH CIE MEREKA DIAM-DIAM SO SWEET HA HA HA AKU DI MABUK FIC MU NANA HA HA HA ><

    Satu lagi, pake mode justify aja biar rata kanan kiri biar makin cantik kek yang nulis XD TULISANMU BENAR2 MEMBUATKU MABUK NANA BAGUS BANGET AKU JATUH CINTA ^v^)/

    Liked by 1 person

    1. TULISAN KU KEPOTONG MASA HIKS HIKS HIKS ㅠㅠ

      Jangan lupa pake italic buat QnA sama yang pake bahasa inggris itu ya nana yang lainnya udah bagus >< Aku gabakal komen banyak perihal alur yang udah kelewat manis ini ^v^)/

      Liked by 1 person

    2. EFEK MZ YENAN TERLALU MANIS IH JADI TERBAWA SUASANA YE KAN XD Wew ffku ngga beralcohol ji gimana bikin mabuk x’3
      Anyway alo di justify yg rata tengah ga ke mana-mana kan?
      Siappp yg ini barusan di apdet, ngga menyilaukan mata lagi, kan, typonya :”v
      Aww berarti ficnya seganteng mz Jin bisa ngebuat Ji jatuh cinta wkwkwk
      Thank you ya ji (untuk notisnya, for coming, and for the comment(s)) lav yaa

      Like

      1. Ocidak alkohol terselubung terdeteksi, jangan sampai Ficku kena razia petugas patwal ramadhan ><
        Apalah daya Ji daku modal hape doang gapernah pakai laptop buat posting :"3 ya ntarlah aku cari tahu caranya 。^‿^。

        Liked by 1 person

  3. Yanan nembaknya antimenstrim ya? Ehe ehe DEMI APA INI KIYOT KAYA MBAAY /dikeplak/

    Bikos yanan sudah taken, shinwon sama hyojong musti ditakenkan juga ini huft, semangat😂😂😂

    Liked by 1 person

    1. Iyadong Yenan annyeong chingudeul pasti buat sesuatu yg baru x’D Iyain aja deh biar bahagia HAHAHAH
      Ayo mbaay cepetan keburu diambil yang lain >< apalagi mz Hyojong kayanya warning warning :'v ditunggu kapelnya mz e-dawn mbaay

      Like

  4. ANJAY PENGEN NGUMPAT ELAH YAALLAH MAS YANAN CARA NEMBAKNYA………..ADUHAI BIKIN OWE GULING-GULING HINGGA TERJATUH KE PELUKAN KINO /salah/

    Ficnya kece sekali kak nana kyaaaaaaa diksinya keren yuhuuuu~~ sini yanan bawa kemari dulu mau kuciyom sebelum dia pacaran sama xiao yu kyaaaaa. Eh bentar, wen xiao yu siapanya wen junhui ya? /plak/

    Liked by 1 person

    1. Don ingat ramadhan don ingat Oppa /eh/
      Njir itu modus banget guling-gulingnya sampe ke pelukan Kino hmm :”v
      Owa thank you thank you /kasih receh/ kece kaya yg nulis sih ya /ditendang/ Gaboleh don gaboleh mz Yenan masih kecil gaboleh dicium-cium (lah kebalik) sebelum masa lajangnya habis yha ambil kesempatan dulu heheuw :”3
      Wen Xiao Yu adik pungutnya mz Wen Jun Hui /plak/

      Liked by 1 person

      1. Dona sirik wae sama orang yang udah bahagia :”3 Cari yang laen Don si Kino masih available, Yeo1 masih utuh gada yang nyentuh, mz Hongseok belum ada yang nyuri. Mumpung oppa-oppa gans masih bisa dipilih 😂😂 /lu kate dagangan/

        Liked by 1 person

  5. “Tak ada pertemanan yang benar-benar murni di antara seorang wanita dan pria.”

    Bener banget! Cowok sama cewek kalo udah temenan pasti ada salah satu yang nyimpen perasaan diam-diam.
    Terus, YAN AN CARA NEMBAKNYA BEDA! Manis-manis gitu. Ahh, Xiao Yu terima aja. Kalo gak terima, Yan An buat aku aja.

    Fic-mu bagus, Na diksinya. Kece 😀
    Keep writing yaa

    Liked by 1 person

    1. Belajar dari pengalaman kak :”v pengalaman orang-orang juga xD
      Dia kan anak spontan bukan sok romantis tapi dapet manis-manisnya kaya Le minerale HAHAHAH. Let’s see Xiao Yu reaction >< KaVero udhh cukup sama Siwon dan Donghae ga usah melipir ke mana-mana xD
      Aye makasih udah mampir juga kakVe~

      Like

      1. Tapi Yan An cakep juga. Anak line berapa tu? Aku belum nyari info tentang mereka.

        Aku mah biarpun melipir ke mana-mana, lirik sana-sini, tapi tetep yang diingat sebelum tidur hanya Lee Donghae seorang. XD *lebay kumat*

        Sip, sama-sama, Nana.

        Liked by 1 person

      2. Iya dumzz mz Annyeong Chingudeul tuh manis kelewatan sampe diabetes kalo ganteng sih menurutku gantengan Wooseok kak (si magnae titan 98L maksudku) kalo bang Yenan tanggal lahir cem donghae, terpaut 10 tahun ‘-‘
        IHIK IHIK CIE CIE EHMMZ mimpi indah dong kak :’v

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s